Karya Tulis Ilmiah



EFEKTIVITAS GALLERY WALK SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN PADA KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN DI PUSKESMAS WAGIR

Prodi : D4 Reguler Kebidanan
Pengarang : FATNA HENDRY AYUNEIDA
Dosen Pembimbing : Herawati Mansyur
Klasifikasi/Subjek : , Kebidanan
Penerbitan : , Malang: 2019.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 1

Abstraksi

Ayuneida, Fatna Hendry. 2019. Efektivitas Metode Pembelajaran Gallery Walk pada Kelas Ibu Hamil terhadap Pengetahuan Ibu tentang Tanda Bahaya Kehamilan di Puskesmas Wagir. Skripsi. Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Pembimbing I : Herawati Mansur, S.ST., M.Pd., M.Psi, Pembimbing II : Nur Eva Aristina, S.ST., M.Keb Di Provinsi Jawa Timur khususnya di Kabupaten Malang, berdasarkan data yang telah diperoleh di Kecamatan Wagir angka anemia yang termasuk tanda bahaya kehamilan, angka pernikahan dini dan Angka Kematian Ibu (AKI) masih tergolong tinggi yang menunjukkan bahwa salah satu permasalahan disini adalah kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang kehamilan dan tanda bahaya kehamilan dengan data penunjang angka anemia dan AKI masih terbilang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran gallery walk terhadap pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan pada kelas hamil di wilayah kerja Puskesmas Wagir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan sampel sebanyak 23 orang ibu hamil dengan menggunakan tekhnik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner sebelum dan sesudah diberi pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode gallery walk. Data tersebut dianalisis menggunakan uji Wiloxcon Signed Rank Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat kenaikan hasil belajar setelah penggunaan metode gallery walk terhadap pengetahuan ibu, hal ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh yaitu Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu <0.001 < 0,05 yang berarti H0 ditolak yang berarti pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode gallery walk efektif terhadap pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan. Keseluruhan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan ibu dengan kategori baik yag semula 21,7% menjadi 69,5% dan diharapkan pada pelaksanaan kelas hamil selanjutnya, metode pembelajaran gallery walk dapat diterapkan sebagai metode pendidikan kesehatan kepada ibu hamil. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Gallery Walk, Pengetahuan Ibu Hamil.



Lampiran

[ Sampul Depan ][ Sampul Dalam ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File Daftar Lampiran : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]